Senin, 10 Desember 2012

JENIS-JENIS BROWSER DAN FITUR-FITUR YANG ADA

Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Jenis-jenis browser antara lain:
1.   Google Chrome
Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta   internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.
Fitur-Fitur yang ada :
a.   Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
b.  Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
c.   Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
d.   Perhitungan cepat dari Addres Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya
2.   Internet Explorer (IE)
IE adalah Web Browser bawaan dari Windows, ketika kita menginstall Windows kita langsung mendapatkan Internet Explorer langsung pada komputer kita, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.
Fitur-fitur yang ada :
1.      Hardware Acceleration, fitur ini akan membantu ketika Anda sedang membuka website yang megandung konten grafis yang berat
2.     Add-on Performance Advisor, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau menghapus add on yang menurut Anda tidak perlu.
3.     Enhanced Tabs, fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tab antar jendela dengan melepasnya dari tab bar dan memindahkannya ke jendela lain, dan halaman yang Anda buka masih tetap akan berjalan ketika tabnya Anda pindahkan.
4.     Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
5.     Download Manager, untuk membuat daftar tentang file yang kita unduh dari internet. Anda pun memungkinkan untuk melakukan jeda pada file yang akan Anda unduh, bahkan Download Manager ini pun memberikan peringatan kepada Anda jika file yang Anda unduh ini mengandung file yang berbahaya.
6.     Pin to Task salah satu keunggulan Internet Explorer adalah kemampuannya menyematkan alamat web ke dalam taskbar desktop Anda. Hal ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows 7 saja. Jadi jika Anda sering mengunjungi website tersebut, Anda bisa menggesernya ke dalam taskbar, dan Anda hanya perlu menekan ikon yang berada pada taskbar Anda untuk mengunjungi situs Anda tersebut, dan Anda bisa melihat pengaturan atau berita terkini tentang situs Anda hanya dengan menekan klik kanan pada mouse pada ikon tersebut.
7.     All in One Box, untuk melakukan pencarian web. Perbedaannya hanya terdapat pada search engine, jika Google Chrome menggunakan Google sebagai mesin pencarinya, maka Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
3.   Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera browser juga menyediakan browser untuk perangkat mobile yang disebut juga operamini dan operamobile.
Fitur-fitur yang ada :
1.      Tab stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam  sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan  membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri.
2.     Mouse gesture, untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali.cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda dibrowser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.
3.     Opera turbo,fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (wifi umum, dsb) ini juga bisa anda gunakan untuk menghemet biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.
4.     Opera link, untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes,dan data lainnya antara browser opera dikomputer anda dan browser opera didevise anda( opera mobile,opera mini, dll)
5.     Password manager, untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan user name tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda.
4.   Flock
Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008.
Fitur-Fitur yang ada :
a.    Photo Uploader, Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
b.    People Sidebar, sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan kita untuk mengakses empat web site keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter, dan YouTube.
c.    Webmail, fitur untuk mencek email tanpa harus membuka langsung alamat webnya.
d.    Blog Editor, Aplikasi ini hampir mirip dengan addon Mozila Firefox, Performancing atau ScribFire. Bedanya, tentu saja, aplikasi ini telah disempurnakan dengan menambahkan fitur-fitur yang baru. Tidak hanya bisa digunakan untuk menulis draft sebuah posting dan melakukan publish semata, namun bisa juga untuk memasukan file multimedia yang tersebar di jejaring sosial ke blog yang kita miliki. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dengan cara offline pada saat menuliskan artikel. Koneksi ke internet hanya digunakan pada saat kita membutuhkan untuk melakukan publikasi dari tulisan blog tersebut.
e.    Media Bar, Bar yang bakal muncul di atas halaman yang sedang kita navigasi ini bakal menunjukkan karya-karya keren dari user Flickr dengan aspek rasio 1:1. Walaupun agak menghalangi pandangan kita dalam bernavigasi, jika kita buka bar ini tentunya, foto-foto indah yang terpampang di sana akan membuat kita tersenyum dan melanjutkan browsing dengan menggeser-geser ke kanan foto-foto keren tersebut..
f.    Accounts And Services Sidebar, sidebar ini bakal ngebantu kita buat login ke beberapa website pilihan Flock, sehingga mempermudah akses kita. Sayangnya, sebaiknya tidak digunakan di shared computer..
g.    Web Clipboard, Dengan menggunakan fitur ini, kita dengan leluasa mengambil konten-konten dari web berupa teks, tautan ataupun gambar untuk disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dengan cara yang mudah, yakni cukup dengan cara click and drag.
5.     Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. tetapi sekarang safari memiliki versi Windowsnya
Fitur-Fitur yang ada :
a.      iCloud Tabs, melalui fitur ini kita bisa sinkronisasi data atau menyimpan file di iCloud.
b.     Offline Reading List, dapat menyimpan artikel menarik dalam satu daftar dan tidak menggunakan lagi koneksi internet untuk membuka artikel yang sudah ada pada Reading List.
c.      Photo Library, dapat mempermudah untuk mengupload photo dan video yang kita miliki.
d.      Nitro Engine, mengelola Aplikasi web lebih cepat
e.      Cover Flow, tampilan bookmark dan history lebih nyaman
f.      Smart Address Field
g.      Smart Search Field
6.   Avant Browser
Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.
Fitur-Fitur yang ada:                   
a.      AutoFills, membantu pengguna untuk menghafal password web, dan mengisi password untuk pengguna dengan 1 klik..
b.     RSS Reader, Memungkinkan pengguna untuk membaca RSS / ATOM feed seperti browsing halaman web. Dan pengguna dapat menyimpan feed favorit mereka sebagai penanda.
c.      Popup / iklan Blockers, Mudah menghilangkan banner AD yang tidak diinginkan, Flash iklan dan pop-up secara otomatis ke halaman bandwidth menyimpan.
d.      Melindungi Kerahasiaan, Melindungi privasi pengguna dengan menghapus semua jejak browsing: Typed URL, otomatis selesai, Cookie, Sejarah, Internet Files dll.
e.      Profil penyimpanan online, menyimpan pengguna ‘penanda, RSS Feeds, konfigurasi atau web password etc, dalam Avant Online Storage. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses data pribadi dari mana saja, kantor, rumah atau internet kafe, dan tidak perlu khawatir tentang kehilangan data ketika mereka kembali instalasi Windows
f.      Flash Animation Filter, Lebih dari 85% dari semua animasi flash di halaman web advertising. File flash ini dia akan besar, dan biasanya memakan waktu hingga 90% dari ukuran halaman yang anda kunjungi. Dengan Avant Browser Anda dapat menyimpan bandwidth oleh memblokir download file flash ini hanya dengan satu klik mudah. Avant Browser juga menyediakan pilihan untuk memblok download gambar, video, suara dan komponen ActiveX. Dengan pilihan ini pengguna dapat mengendalikan mereka bandwidth dan mempercepat loading halaman
g.      Multi-Window Browsing, user pada beberapa halaman web secara bersamaan. Semua halaman dapat dibuka dengan mudah dihentikan, refresh, tutup atau diatur dengan satu klik.
h.      Built-in Search Engine, Avant Browser menyediakan built-in mesin pencari. Dilengkapi dengan mesin pencari memungkinkan pengguna untuk mencari halaman web, gambar, grup, direktori, berita, lirik dan software di Internet
i.       Customizable Skins, Expresikan kreativitas Anda dengan membuat skin untuk menggunakan Avant khusus, mudah untuk menggunakan program bernama Avant Browser Skin, atau menggunakan salah satu dari banyak dan beragam skin yang dibuat oleh pengguna lain.
7.     Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.
Fitur-Fitur yang ada :
a.      Sync, fitur untuk mensinkronisasi data di browser seperti setting,  add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebut ditempat lain, kita bias mensingkronkannya dengan browser lama kita
b.     Inspektur Page View 3D
c.      CSS text-size-adjust
d.      Style Editor CSS
e.      Firefox Notification

9 komentar: